Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir Tahun Akidah Akhlak Kelas 10 MA Tahun 2024. Sebenarnya, tanpa disadari, kita sudah sering menggunakan proses asesmen/penilaian dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja, ketika ingin membeli suatu barang. Kita tentu akan melakukan asesmen/penilaian terhadap barang tersebut bukan? Apakah kualitasnya baik, apakah bahan yang digunakan nyaman, apakah harga yang ditawarkan sesuai dan lain sebagainya.
Begitupun dalam proses
pembelajaran, proses asesmen/penilaian juga penting dilakukan untuk mengetahui
sejauh mana siswa berhasil dalam mengikuti proses belajar. Proses asesmen/penilaian
meliputi serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh, menganalisis,
serta menafsirkan informasi hasil belajar siswa.
Asesmen/penilaian dapat
memberikan feedback bagi guru untuk bisa menghargai siswa yang memiliki tingkat
kemampuan dan pemahaman yang berbeda antara satu dan lainnya. Dalam melakukan asesmen/penilaian,
kita juga perlu memperhatikan prinsip-prinsip asesmen/penilaian seperti asesmen/penilaian
yang harus bersifat valid, bisa dipercaya, konsisten, informasi asesmen/penilaian
bisa diakses, bersifat transparan, mendukung proses belajar yang efektif dan
efisien, serta hasilnya mampu digunakan sebagai bahan perbaikan di depannya.
Selain digunakan untuk
mengukur sejauh mana tujuan pembelajaran tercapai, proses asesmen/penilaian
juga digunakan untuk membuat keputusan dalam perencanaan pembelajaran
selanjutnya. Ada beberapa fungsi asesmen/penilaian antara lain:
·
Fungsi selektif, artinya proses asesmen/penilaian
dilakukan agar guru dapat mengadakan seleksi terhadap siswanya.
·
Fungsi diagnostik, artinya guru melakukan
diagnosis atas kelebihan dan kekurangan siswa, lalu berusaha menemukan
solusinya.
·
Fungsi penempatan, artinya asesmen/penilaian
digunakan sebagai acuan untuk menentukan dimana seorang siswa harus
ditempatkan.
·
Fungsi pengukur keberhasilan, di mana
nantinya dari proses asesmen/penilaian, guru dan siswa bisa mengetahui sejauh
mana tujuan dan keberhasilan pembelajaran telah tercapai.
Adapun langkah-langkah yang
perlu diperhatikan dalam melakukan proses asesmen/penilaian, di antaranya:
1. Membuat dan Menetapkan
Rencana serta Tujuan Pembelajaran
Saat
membuat RPP, guru pasti sudah membuat dan menetapkan tujuan asesmen/penilaian.
Setiap kompetensi dasar memiliki indikator atau hasil belajar yang nantinya
bisa siswa dapatkan dari proses pembelajaran, meliputi apa yang harus dilakukan
siswa (kemampuan), apa yang harus siswa ketahui (pengetahuan), dan dan
bagaimana siswa menyikapinya (sikap atau perilaku).
2. Menentukan Teknik Asesmen/penilaian
yang tepat
Terdapat
beberapa teknik yang bisa digunakan untuk melakukan kegiatan asesmen/penilaian.
Oleh karena itu, penting bagi guru untuk mengetahui dan menetapkan teknik asesmen/penilaian
mana yang akan digunakan. Proses asesmen/penilaian melibatkan bagaimana suatu
data dikumpulkan untuk menarik kesimpulan di akhir proses pembelajaran. Guru
bisa menggunakan indikator-indikator yang terdapat pada kompetensi dasar untuk
menentukan teknik asesmen/penilaian yang akan digunakan.
3. Pelaksanaan Proses Asesmen/penilaian
Setelah
menentukan tujuan asesmen/penilaian dan teknik yang digunakan, saatnya
mengumpulkan data atau nilai. Dalam kaitannya dengan mengumpulkan nilai, guru
perlu menyusun terlebih dulu kisi-kisi dan membuat soal, terutama jika teknik asesmen/penilaian
yang dipilih adalah ujian tertulis. Setelah siswa selesai mengerjakan ujian,
guru bisa melakukan proses asesmen/penilaian berdasarkan pedoman penskoran yang
sebelumnya juga sudah dirancang.
4. Menganalisis Asesmen/penilaian
Pada
tahap ini, guru melakukan proses penafsiran atau interpretasi dari asesmen/penilaian
yang telah dilakukan dan dikumpulkan. Guru dapat melihat sejauh mana tingkat
pemahaman siswa terhadap materi dan seberapa besar keberhasilan pembelajaran
yang dicapai. Dari proses asesmen/penilaian, kemudian dapat ditarik kesimpulan
yang mengacu pada tujuan pembelajaran di awal.
5. Menyesuaikan Pembelajaran
Tujuan
dari dilaksanakannya proses asesmen/penilaian salah satunya adalah mendapatkan
hasil asesmen/penilaian yang bisa digunakan untuk memperbaiki proses
pembelajaran ke depannya. Proses asesmen/penilaian dikatakan belum berhasil
ketika hasilnya tidak mengarah atau belum bisa mencapai tujuan pembelajaran.
Oleh karena itu, perlu dilakukan penyesuaian atau perbaikan strategi, metode,
materi, cara penyampaian, bahan ajar pendukung atau hal lain yang berkaitan
dalam pembelajaran.
Saat hasil asesmen/penilaian
dirasa sudah cukup baik, maka proses asesmen/penilaian yang didapatkan dapat
digunakan sebagai acuan untuk mempertahankan atau mengembangkan kegiatan
pembelajaran sehingga menjadi lebih baik dan maksimal. Nah, itulah tadi
informasi terkait apa itu proses asesmen/penilaian dan bagaimana cara yang
tepat dalam melaksanakan proses asesmen/penilaian. Semoga apa yang telah
ditulis di atas bisa menjadi sumber pengetahuan baru bagi kita semua. Dan
semoga bapak/ibu guru sekalian bisa terus menjadi lebih baik dalam proses asesmen/penilaian
khususnya, juga proses pembelajaran pada umumnya
Berikut ini adalah Contoh atau Latihan Soal Asesmen Sumatif
Akhir Tahun Akidah Akhlak Kelas 10 MA Tahun 2024
A. Ta’addudul aalihati
B. Al-musyariku
C. An-nashibu
D. Al-muwahhidu
E. Asy-syirkatu wasysyarikatu
2. Disebut syirik akbar atau syirk jali jika melakukan hal-hal berikut ini, kecuali.....
A. Melakukan perbuatan yang jelas-jelas menganggap ada tuhan-tuhan lain (alihah) selain Allah Swt.
B. Menganggap tidak ada Tuhan selain Allah Swt..
C. Menganggap ada sesembahan selain Allah Swt..
D. Menganggap Tuhan mempunyai anak
E. Melakukan perbuatan yang mengingkari kemahakuasaan Allah Swt..
3. Salah satu contoh syirk khafi ialah...
A. Seseorang yang melakukan sesembahan terhadap batu besar yang dianggap keramat
B. Seseorang yang melakukan sesembahan terhadap pohon besar yang dianggap keramat
C. Seseorang yang dalam melaksanakan ibadah diniatkan untuk mencari keridhaan-Nya
D. Seseorang yang dalam mengerjakan suatu perbuatan ada maksud untuk dipuji oleh orang lain (riya’).
E. Seseorang yang mengakui bahwa Allah mempunyai sifat-sifat yang terpuji yang muda dipahami oleh manusia
4. Syirik adalah perbuatan yang sangat dilarang oleh Allah Swt. Jika syirik itu tetap dilakukan padahal sebelumnya sudah melakukan banyak sekali amal kebajikan, maka kerugianakan dirasakan sendiri oleh manusia.
C. Amalnya akan menjadi amal yang sia-sia
D Amalnya akan menjadi penebus dosanya
E. Amalnya tetap akan ditimbang oleh Allah
5. Di bawah iniadalah contoh bentuk syirik kecil, kecuali…
A. Bersumpah atas nama bintang dan bulan
B. Bersedekah karena ingin dipuji orang
C. Menyantet orang yang dibencinya
D. Menyembah berhala
E. Percaya pada batu akik yang membuat keberuntungan
6. Seseorang yang percaya bahwa ilmu pengetahuan akhirnya akan menemukan formula agar manusia tidak perlu mengalami mati adalah termasuk…
A. Syirik Al Ilmi
B. Syirik besar
C. Syirik Al Tasarruf
D. Syirik kecil
E. Syirik Al Ibadah
7. Sikap yang dilakukan Nabi Ibrahim a s. saat melihat kaumnya menyembah berhala-berhala yang mereka buat sendiri…
A. Diama saja
B. Menghancurkan berhala-berhala kecuali yang paling besar
C. Menghancurkan semua berhala sampait ak tersisa
D. Mendo’akan mereka supaya bertaubat
E. Membuatkan sesembahan yang lebihlayak
8. Perbuatan syirik adalah dosa yang paling dibenci Allah. Akibat dari orang yang berbuat syirik adalah kecuali…
A. Menjadi musuh Allah
B. Kekal di Neraka
C. Sulit menerima kebenaran
D. Hidup bahagia didunia dan akhirat
E. Amalan dan ibadahnya menjadi sia-sia
9. Firman Allah dalam al-Quran surat Luqman ayat 13 di bawah ini menjelaskan bahwa syirik itu adalah...
A. Kedzaliman yang besar.
B. Akan menjadikan hidup ini menjadi sempurna
C. Akan menyebabkan hilangnya martabat dan keutamaan
D. Akan membawa ke neraka
E. Kejahatan luar biasa
10. Menjaga agar hati ini selalu tenang dan berada dalam suasana kontak batin dengan sang Khaliq bisa dilakukan dengan cara...
A. Banyak beramal kebajikan
B. Sering melakukan sadaqah
C. Menolong orang lain yang membutuhkan
D. Selalu ingat akan Allah di manapun berada
E. Selalu menjadi teman yang baik
11. Di antara hal-hal yang bisa dilakukan agar kita bisa terhindari dari keterjerumusan
kepada perilaku syirik adalah dengan cara menegakkan salat, karena salat itu...
A. Bisa menambah tabungan pahala
B. Bisa mencegah kepada perbuatan keji dan munkar
C. Bisa menambah ketenangan hidup
D. Perintah Allah yang harus dikerjakan
E. Sesuatu yang tidak boleh ditinggalkan dalam keadaan apapun juga
12. Lawan dari kata syirik adalah....
A. Ibadah
B. Murtad
C. Iman
D. Tauhid
E. Kufur
13. Firman Allah Swt. dalam al-Quran surat al- Bayyinah ayat 6 menjelaskan bahwa orang yang berbuat syirik akan...
A. Masuk ke neraka jahannam
B. Amalnya akan sia-sia
C. Dibencioleh Allah
D. Tertutup pintu tobat
E. Jauh dari surga.
14. Nama-nama yang baik dan Maha Indah yang merupakan sifat-sifat Allah disebut....
A. Sifātullah
B. Asmāul husnā
C. Irādatullah
B. Asmāullah
E.Qudratullah
15. Menurut hadits Rasulullah bahwa barang siapa Yang menghafal Asmaul Husna maka ia akan…
B. Masuk surga
C. Mendapat keutamaan
D. Mendapat kebaikan
E. Terhindar dari neraka
16. Menurut hadits Nabi jumlah asmaul husna ada...
A. 25
B. 75
C. 100
D. 50
E. 99
A. Maha Kuat
B. Maha Memberi Keamanan
C. Maha Mulia
D. Maha Mengumpulkan’
E. Maha Adil
18. Arti dari Asmaul husna Al Matiin adalah....
A. Maha Kuat dan Kokoh
B. Maha Memberi Keamanan
C. Maha Akhir
D. Maha Mengumpulkan’
E. Maha Adil
19. Kita juga akan terhindar dari sikap sombong, karena kita sadar bahwa kemampuan kitaterbatas, jauh dari sifat sempurna. Kita sadar yang Maha Kuat dan tidak tertandingi adalah Allah Swt… Hal tersebut bentuk dari pemhaman kepada Asmaul husna....
A. Al Mukmin
B. Al Karim
C. Al Akhir
D. Al Jam’
E.. Al Matin
20. Semua akan binasa dan punah, hanya Allah sajalah yang akan kekal. Hal tersebut karena Allah memiliki Asmaul husna....
A. Al Mukmin
B. Al Karim
C. Al Akhir
D. Al Jami’
E.. Al Matin
21. Arti Husnuzhan adalah....
A. Buruk sangka
B. Baik sangka
C. Baik budi
D. Buruk hati
E. Buruk pikiran
22. Lawan dari husnuzhan adalah....
A. Hasud
B. Kikir
C. Riya’
D. Sum’ah
E. Su’uzhan
23. Belajar dengan keras dan teratur adalah akhlak kita terhadap ....
A. Allah Swt.
B. Masyarakat
C. Lingkungan
D. Orang tua
E. Diri sendiri
24. Salah satu contoh sikap Husnudzan adalah meyakini bahwa semua makhluk ciptaan Allah dilangit dan dibumi ini tidaklah sia-sia. Hali ini tercantum didalam Al Qur an surat…
A. Surat l Baqarah : 9
B. Surat An Nur : 8
C. Surat Ali Imran : 191
D. Surat An Nahl : 4
E. Surat Al Waqiah : 10
25. Berikut ini adalah manfaat yang dapat dirasakan dari sikap husnudzan kecuali…
A. Membuat jiwa menjadi tenang dan tentram
B. Hidup menjadi tidak bersemangat karena semua sudah ditakdirkan oleh Allah SWT
C. Mendorong manusia untuk beramal dengan sungguh-sungguh
D. Menumbuhkan sikap tawakkal kepada Allah SWT
E. Mendorong manusia untuk semakin bertaqarub kepada Allah SWT
26. Berikut ini adalah ucapan yang menunjukkan adanya sikap husnuzhan kepada Allah,kecuali....
A.“saya tetap bersyukur walaupun tahun ini tidak lulus ujian.”
B. “saya yakin bahwa segala sesuatu pasti ada hikmahnya.”
C. “saya tidak tahu apa maunya Tuhan.”
D. “masih untung dia selamat.”
E. “alhamdulillah saya sehat.”
27. Berikut ini ungkapan yang menunjukkan sikap penuh semangat dan penuh harap,kecuali....
A. “kegagalan adalah sukses yang tertunda.”
B. “saya akan coba sekali lagi.”
C. “mungkin saja masih ada yang keliru.”
D. “mungkin sudah nasib saya.”
E. “saya tidak mengenal kata gagal.”
28. Kata taba (ثاب) yang darinya terbentuk antara lain kata taubat(ثوبة), pada mulanya berarti....
A. Berjalan
B. Menyesal
C. Kembali
D Memohon
E. Mengingat
29. Ayat di bawah ini Qur an Surat At Tahrim ayat 8 Allah Swt menegaskan tentang...
A. Bertaubat
B. Menyesali diri
C. Minta maaf
D. Beribadah
E. Memperbaiki diri
30. Setiap manusia tidak bisa lepas dari berbuat salah Dan dosa. Oleh karena itu Allah mencintai orang yang berbuat dosa kemudian…
A. Mengulangi lagi
B. Melupakammya
C. Mengabaikannya
D. Segera bertaubat
E. Pura-pura tidak tahu
31. Tobat yang diterima oleh Allah tergantung dari dosa yang dilakukan. Dosa yang tidak diampuni oleh Allah adalah...
A. Durhaka kepada orang
B. Sumpah palsu
C. Berzina dan merampok
D. Minum-minuman keras
E. MenyekutukanAllah
32. Surah Al-Baqarah 222 adalah bukti bahwa Allah mencintai orang yang…
A. Suci dari dosa
B. Bertaubat
C. Beribadah
D. Berbuat baik
E. Berhusnudzan
33. Rasulullah menyuruh kita untuk senantiasa bertaubat atas segala kesalahan kita baik yang disengaja maupun tidak, baik yang kitasa dari maupun tidak, karena beliau sendiri dalam sehari bertaubat sebanyak…
A. 10 kali
B. 100 kali
C. 150 kali
D. 1000 kali
E. 50 kali
34. Seseorang yang mencuri uang tetangganya, maka cara bertaubatnya adalah…
A. Mengembalikan uangnya diam-diam
B. Dengan istighfar ,karena Allah Maha Pengampun
C. Meminta maaf kepada tetangganya dan bertaubat kepada Allah
D. Dengan meminta maaf kepada tetangganya
E. Mengembalikan uangnya, meminta maaf pepada tetangganya dan bertaubat kepada Allah
A. Menyadari dan menyesali kesalahan yang Telah dilakukan
B. Memohon ampun kepada Allah ( Istighfar)
C. Berjanji tidak akan mengulanginya
D. Merasa senang atas perbuatan yang telah lalu
E. Menutupi kesalahan masa lalu dengan amal Sholeh
A. Berusaha keras untuk mencapai kesuksesan
B. Bahagia melihat orang lain menderita.
C. Berpikir untuk mencelakakan orang lain.
D. Tidak suka melihat orang lain bahagia.
E. Ingin serba jalan pintas seta pandai menipu, Untuk memuluskan siasatnya yang licin
37. Ciri-ciri orang yang tamak dapat dilihat dari ciri-cirinya sebagai berikut, kecuali...
A. Tidak mensyukuri atas nikmat Allah yang telah diberikan kepadanya
B. Ingin memiliki sesuatu yang dimiliki orang lain
C. Kikir serta sangat mencintai harta benda yang dimiliki
D. Suka berusaha dan bekerja keras
E. Semua kegiatannya selalu berorientasi pada materi, tanpa mempedulikan waktu dan kondisi tubuh
38. Berikut ini adalah zalim terhadap diri sendiri, kecuali....
A. Suka mabuk-mabukan
B. Suka berhura-hura
C. Begadang sampai malam
D. Malas belajar
E. Nahi munkar
39. Berikut ini adalah perbuatan zalim terhadap masyarakat atau orang lain, kecuali....
A. Minum-minuman keras di jalan raya
B. Mengompas
C. Amar ma’ruf
D. Mencuri motor
E. Merugikan tetangga
40. Syirik adalah perbuatan zalim terhadap....
A. Diri sendiri
B. Masyarakat
C. Bangsa
D. Allah
E. Lingkungan
41. Memandang bahwa suku tertentu lebih jelek dibandingkan dengan suku yang lain, termasuk sikap....
A. Aspiratif
B. Purifikatif
C. Konservatif
D. Sensitif
E. Diskriminatif
42. Berikut ini adalah akibat negatif dari perilaku atau tindakan diskriminatif, kecuali....
A. Munculnya ketidak adilan di masyarakat.
B. Berlaku sombong.
C. Merasa sedih jika oramg lain dilanda musibah
D. Merasa lebih baik dari yang lain.
E. Diskriminatif akan membawa pelakunya masuk ke dalam neraka.
A. Sunah
B. Wajib
C. Haram
D. Makruh
E. Mubah
A. Bagaimana kondisi sakitnya ?
B. Sudah berapa tahun usianya ?
C. Apa yang dirasakan( apasakitnya)?
D. Sudah berapa lama dirawat di rumah sakit ?
E. Sudah sejak kapan sakit ?
45. Diantara para utusan Allah yang mendapat Gelar Ulul Azmi adalah….
A. Nabi Nuh, as.Nabi Ibrahim, as.Nabi Musa,as. Nabi Isa, as. Nabi Muhammad saw.
B. NabiNuh, as.NabiIdris, as. NabiMusa,as. Nabi Isa, as. Nabi Muhammad saw.
C. NabiYa’kub, as.Nabi Ibrahim, as. NabiMusa,as. Nabi Isa, as. Nabi Muhammad saw.
D. NabiNuh, as.Nabi Ibrahim, as. NabiYusuf,as. Nabi Isa, as. Nabi Muhammad saw.
E. NabiNuh, as.Nabi aIbrahim,as. NabiMusa,as. Nabi Ayyub,as. Nabi Muhammad saw.
46. Nabi yang dengan tekun dan sabar ber da’wah kepada umatnya hingga lebih kurang 1000 tahun lamanya adalah…
A. Nabi Isa, as.
B. Nabi Ibrahim, as.
C. Nabi Musa,as.
D. Nabi Nuh, as.
E. Nabi Muhammad saw.
47. Rasul yang dalam da’wahnya menghancurkan berhala-berhala yang menjadi sesembahan kaumnya adalah…
A. Nabi Nuh, as.
B. Nabi Musa,as
C. Nabi Ibrahim, as.
D. Nabi Isa, as.
E. Nabi Muhammad saw
48. Nabi yang memiliki musuh besar seorang raja yang mengaku tuhan adalah…
A. Nabi Nuh, as.
B. Nabi Ibrahim, as.
C. Nabi Musa,as.
D. Nabi Isa, as.
E. Nabi Muhammad saw
49. Nabi yang diberi mu’jizat bisa menghidup kan orang mati, menyembuhkan orang buta, dan dapat menyembuhkan penyakit lepra adalah …
A. Nabi Isa, as.
B. Nabi Ibrahim, as.
C. Nabi Musa,as.
D. Nabi Nuh, as.
E. Nabi Muhammad saw.
50. Satu-satunya Nabi yang diundang Allah Kelangit tujuh menuju Arsy Allah untuk menerima perintah sholat adalah…
A. Nabi Nuh, as.
B. Nabi Ibrahim, as.
C. Nabi Musa,as.
D. Nabi Isa, as.
E. Nabi Muhammad saw.
51. Definisi syirik menurut pengertian syara’ adalah...
A. Perbuatan tidak percaya adanya Allah SWT
B. Perbuatan menganggap Allah lebih dari satu
C. Perbuatan meminta pertolongan kepada selain Allah SWT
D. Perbuatan mempercayai adanya kekuatan selain Allah SWT
E. Perbuatan mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang lain
52. Syirik yang tidak mengeluarkan pelakunya dari dinul Islam dan hanya mengurangi nilai tauhid serta dosa besar merupakan bentuk.....
A. Syrik dalam asma’ wasifat
B. Syirik dalam rububiyah
C. Syirik dalam uluhiyah
D. Syirik kecil
E. Syirik besar
A. QS. Ali Imron :28
B. QS. Ali Imron :117
C. QS. Ali Imron :100
D. QS. Ali Imron :118
E. QS. Ali Imron :149-150
A. Syirik ketaatan
B. Syirik dalam berdo’a
C. Syirik Niat, keinginan dan tujuan
D. Syirik mahabah
E. Syirik dzohir
55. Perhatikan potongan ayat berikut!
لَقَد كَفَرَ ٱلَّذِينَ قَالُواْ إِنَّ ٱللَّهَ هُوَ ٱلمَسِيحُ ٱبنُ مَريَمَۖ وَقَالَ ٱلمَسِيحُ يَٰبَنِي إِسرَٰءِيلَ ٱعبُدُواْ ٱللَّهَ رَبِّي وَرَبَّكُمۖ إِنَّهُۥ مَن يُشرِك بِٱللَّهِ فَقَد حَرَّمَ ٱللَّهُ عَلَيهِ ٱلجَنَّةَ وَمَأوَىٰهُ ٱلنَّارُۖ وَمَا لِلظَّٰلِمِينَ مِن أَنصَار ٧٢
Dalil naqli Q.S Al Maidah :72 tersebut menjelaskan tentang ….
A. Allah SWT mengharamkan surga bagi orang musyrik
B. Syirik termasuk kategori perbuatan dosa paling besar
C. Syirik adalah suatu kedholiman yang besar
D. Syirik dapat menghapus nilai pahala yang telah lalu
E. Allah SWT mengampuni dosa kecuali dosa syirik
56. Syirik secara umum dapat dikatakan sebagai kecondongan untuk bersandar pada suatu makhluk ataupun seseorang selain Allah SWT, perbuatan syirik terjadi pada ….
A. Orang yang tidak mampu mengendalikan kebiasaannya
B. Orang yang tidak mampu mengendalikan kemauannya
C. Orang yang tidak mampu mengendalikan pemikirannya
D. Orang yang tidak mampu mengendalikan keinginannya
E. Orang yang tidak mampu mengendalikan nafsu jahatnya
57. Berikut ini yang tidak termasuk dalam kategori syirik attasharruf adalah .....
A. Mempercayai dokter
B. Percaya pada dukun
C. Meyakini bahwa Nabi Isa anak tuhan
D. Percaya pada makhluk halus yang melindungi desa
E. Percaya pada sihir
58. Kata al karim berarti kemuliaan, maknanya yaitu dzat yang sangat banyak memiliki kebaikan, amat pemurah pemberi nikmat dan keutamaan, pengertian tersebut menurut.......
A. Syekh al Isfahani
B. Louwis makluf
C. Ibnu Fara
D. Ibnu Faris
E. Ibnu Mansur
59. Di antara firman Allah yang mengungkapkan sifat Allah al mukmin adalah......
A. QS. Al hasyr : 24 dan QS. Ali Imron : 18
B. QS. Al hasyr : 23 dan QS. Ali Imron : 18
C. QS. Al hasyr : 22 dan QS. Ali Imron : 18
D. QS. Al hasyr : 21 dan QS. Ali Imron : 18
E. QS. Al hasyr : 20 dan QS. Ali Imron : 18
60. Ditinjau dari segi bahasa al khafid ( الحفيظ ) Merupakan bentuk dari kata حفظ - يحفظ yang mempunyai arti ....
A. Menjaga
B. Melapangkan
C. Pelindung
D. Mengadili
E. Pengasih
61. Yang bukan merupakan contoh perilaku orang yang menggambarkan sifat al khafidz adalah .....
A. Bersifat adil
B. Menjaga diri dari sifat hasud
C. Menjauhkan diri dari kemunafikan
D. Tidak riya’
E. Tidak dengki
62. Potongan ayat di bawah ini yang menunjukkan sifat Allah adalah ….
A. . أَو أَرَادَ بِكُم نَفعَا
C. . فَيُضَٰعِفَهُۥ لَهُۥٓ أَضعَافا كَثِيرَة
D. . وَكَفَىٰ بِٱللَّهِ وَلِيّا وَكَفَىٰ بِٱللَّهِ نَصِيرا
63. Dzat yang memiliki sifat kekal dan maha akhir yang tidak ada sesuatupun setelahnya adalah pengertian ....
A. Al jami’
B. Al matin
C. Al wakil
D. Al karim
E. Al akhir
64. Seseorang harus bisa memberikan keamanan kepada orang lain dari adzab Allah dengan memberikan petunjuk atau hidayah kepada jalan Allah dan nasihat menuju jalan keselamatan, merupakan meneladani sifat Allah …
A. Al wakil
B. Al mukmin
C. Al jami’
D. Al matin
E. Al karim
65. Ditinjau dari segi istilah, khusnudzon memiliki pengertian …
A. Berbaik sangka terhadap ketentuan Allah sehingga manusia bebas bersikap
B. Berbaik sangka terhadap ketentuan Allah bahwa dosa besar apapun besarnya akan diampuni
C. Berbaik sangka terhadap segala takdir Allah tanpa ada usaha
D. Berbaik sangka terhadap ucapan, prilaku teman dekat saja
E. Berbaik sangka terhadap prilaku dan ucapan orang lain serta berbaik sangka dengan ketentuan Allah
66. Selalu berdo’a dan berdzikir (Mengingat Allah) merupan bentuk …
A. Husnudzon pada orang Tua
B. Husnudzon pada orang lain
C. Husnudzon pada diri sendiri
D. Husnudzon pada malaikat
E. Husnudzon pada Allah
67. Hikmah yang dapat dipetik dari sifat Husnudzon Adalah ....
A. Merasa senang atas segala perbuatan yang sudah berlalu
B. Menumbuhkan sifat tawakkal dalam diri sendiri
C. Mendorong manusia untuk beramal sungguh-sungguh
D. Membuat jiwa menjadi tenang dan tentram
E. Mendorong manusia untuk bertaqorrub kepada Allah
A. Membebaskan hati dari setiap pikiran positif tentang tuhan
B. Membebaskan diri dari setiap pikiran negatif tentang ciptaan Tuhan
C. Membebaskan diri dari setiap pikiran negatif tentang Tuhan
D. Membebaskan diri dari setiap pikiran negatif tentang Manusia
E. Membebaskan diri dari setiap pikiran negatif tentang Makhluk lain
69. Sebaik-baik orang yang beriman adalah ketika melakukan pelanggaran ia segera bertaubat sebagaimana dikuatkan oleh dalil naqli :
عَنِ اْلأَغَرِّ بْنِ يَسَارٍ الْمُزَنِي قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: يَآايُّهَا النَّاسُ تُوْبُوْا إِلَى اللهِ وَاسْتَغْفِرُوْهُ فَإِنِّي أَتُوْبُ فِي الْيَوْمِ مِائَةَ مَرَّةٍ .
Hal ini karena :
A. Taubat orang yang ajalnya sudah di tenggorokan di takutkan tidak dapat mengucapkan kalimat syahadat
B. Taubat orang yang ajalnya sudah di tenggorokan tidak akan di terima Allah.
C. Taubat orang yang ajalnya sudah di tenggorokan susah untuk mengucapkan kata taubat
D. Taubat orang yang ajalnya sudah di tenggorokan akan ada kesan tidak serius
E. Taubat orang yang ajalnya sudah di tenggorokan dikhawatirkan tidak mampu menyadari kesalahannya
70. Cara bertaubat bagi orang yang meminjam barang kepada teman tanpa izin adalah ….
A. Membeli barang yang di pinjam
B. Mengakui bahwa ia telah meminjam barang tersebut dan mengembalikannya
C. Menukar barang yang di pinjam
D. Mengembalikan barang yang dipinjam
E. Mengganti dengan barang yang jelek dari pada barang yang di pinjam
71. Ciri –ciri orang yang beriman adalah segera bertaubat apabila sadar telah melakukan pelanggaran, hal ini disebutkan dalam kitab suci al-Qur’an surat .....
A. QS. at Tahrim : Ayat 11
وَضَرَبَ ٱللَّهُ مَثَلا لِّلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱمرَأَتَ فِرعَونَ إِذ قَالَت رَبِّ ٱبنِ لِي عِندَكَ بَيتا فِي ٱلجَنَّةِ وَنَجِّنِي مِن فِرعَونَ وَعَمَلِهِۦ وَنَجِّنِي مِنَ ٱلقَومِ ٱلظَّٰلِمِينَ ١١
B. QS. at Tahrim Ayat : 10
ضَرَبَ ٱللَّهُ مَثَلا لِّلَّذِينَ كَفَرُواْ ٱمرَأَتَ نُوح وَٱمرَأَتَ لُوطۖ كَانَتَا تَحتَ عَبدَينِ مِن عِبَادِنَا صَٰلِحَينِ فَخَانَتَاهُمَا فَلَم يُغنِيَا عَنهُمَا مِنَ ٱللَّهِ شَيْاً وَقِيلَ ٱدخُلَا ٱلنَّارَ مَعَ ٱلدَّٰخِلِينَ ١٠
C. QS. at Tahrim Ayat : 9
يأَيُّهَا ٱلنَّبِيُّ جَٰهِدِ ٱلكُفَّارَ وَٱلمُنَٰفِقِينَ وَٱغلُظ عَلَيهِمۚ وَمَأوَىٰهُم جَهَنَّمُۖ وَبِئسَ ٱلمَصِيرُ ٩
D. QS. at Tahrim Ayat : 8
يأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ تُوبُواْ إِلَى ٱللَّهِ تَوبَة نَّصُوحًا عَسَىٰ رَبُّكُم أَن يُكَفِّرَ عَنكُم سَيِّاتِكُم وَيُدخِلَكُم جَنَّٰت تَجرِي مِن تَحتِهَا ٱلأَنهَٰرُ يَومَ لَا يُخزِي ٱللَّهُ ٱلنَّبِيَّ وَٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ مَعَهُۥۖ نُورُهُم يَسعَىٰ بَينَ أَيدِيهِم وَبِأَيمَٰنِهِم يَقُولُونَ رَبَّنَا أَتمِم لَنَا نُورَنَا وَٱغفِر لَنَاۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَيء قَدِير ٨
E. QS. at Tahrim Ayat : 7
يَٰأَيُّهَا ٱلَّذِينَ كَفَرُواْ لَا تَعتَذِرُواْ ٱليَومَۖ إِنَّمَا تُجزَونَ مَا كُنتُم تَعمَلُونَ ٧
72. Mengharap ridho dan pertolongan Allah serta yakin hal itu dapat diraihnya atau suatu jiwa yang sedang menunggu (mengharapkan sesuatu yang di senangi dari Allah SWT setelah melakukan hal –hal yang menyebabkan terjadinya sesuatu yang diharapkanya) adalah pengertian dari ....
A. Roja’
B. Taubat
C. Khauf
D. Sabar
E. Tawakkal
73. Setiap manusia memiliki kesalahan atau pelanggaran akan tetapi konsekwensi logis kita sebagai seorang muslim apabila telah melanggar syariat atau maksiat adalah ….
A. Menyesali dan apabila terulang kembali maka taubatnya lebih serius
B. Berhenti dan menunjuk seseorang untuk mengganti peran kita
C. Berhenti dan tidak mengulang kembali
D. Boleh mengulang lagi agar dapat memperoleh taubat yang lebih baik
E. Boleh mengulang lagi asalkan tidak merugikan orang lain
74. Sikap harap atas rahmat Allah SWT , akan selalu membukakan pintu harapan bagi seorang manusia sehingga akan menumbuhkan suatu dampak positif bagi dirinya, yaitu ....
A. Menguatkan untuk ketaatan dan segera melakukan pelanggaran
B. Menguatkan untuk perbaikan dan segera melakukan kebebasan
C. Menguatkan untuk kerja keras dan bersegera melakukan foya foya
D. Menguatkan untuk ketaatan dan bersegera melakukan kebaikan
E. Menguatkan untuk kebahagiaan dan bersegera menuju kepuasan
75. Menganiyaya berarti menyiksa, menyakiti dalam berbagai kesewenangan seperti menindas mengambil hak orang lain dengan paksa dan lain lain, adalah makna dari sikap ....
A. Aniaya
B. Riya’
C. Diskripsi
D. Sombong
E. Syirik
76. Salah satu konsep dholim perspektif Imam al-Rozi adalah .....
A. Orang yang suka mengurangi timbangan
B. Orang yang suka melakukan kesalahan
C. Orang yang suka berlaku boros dan tidak mengindahkan estetika
D. Orang yang menggunjing dan memfitnah
E. Orang yang setelah dihisab masuk neraka
77. Di bawah ini adalah salah satu sebab ditolaknya suatu amal perbuatan manusia sehingga pengabdian yang dilakukan menjadi sia-sia, kecuali ….
A. Apabila terbersit perasaan ingin disanjung orang
B. Ingin mendapatkan simpati dari orang lain
C. Ingin terkenal di dalam lingkungan masyarakat
D. Ingin melakukan kebaikan yang bermanfaat
E. Ingin dianggap sebagai orang yang paling aktif
78. Menjadikan manusia riya’ merupakan jalan yang sangat disukai oleh syetan, syetan lebih suka menjerumuskan manusia kedalam neraka jahannam melalui jalan ibadah, oleh karena itu ....
A. Manusia harus waspada dengan perbuatan yang disukai syetan
B. Manusia harus waspada dengan perbuatan yang menyenangkan
C. Manusia harus waspada dengan perbuatan yang disukai manusia
D. Manusia harus waspada dengan perbuatan riya’
E. Manusia harus waspada dengan perbuatan yang dibenci syetan
79. Dapat diartikan keinginan untuk memperoleh harta yang banyak yakni sikap merasa tidak pernah puas dengan yang sudah dicapai adalah pengertian ....
A. Licik
B. Tamak
C. Cendikia
D. Cerdik
E. Dholim
80. Larangan untuk tidak bersikap tamak terungkap dalam firman Allah surat ….
A. QS. Al-Hadid : 24
ٱلَّذِينَ يَبخَلُونَ وَيَأمُرُونَ ٱلنَّاسَ بِٱلبُخلِۗ وَمَن يَتَوَلَّ فَإِنَّ ٱللَّهَ هُوَ ٱلغَنِيُّ ٱلحَمِيدُ ٢٤
B. QS. Al-Hadid : 23
لِّكَيلَا تَأسَواْ عَلَىٰ مَا فَاتَكُم وَلَا تَفرَحُواْ بِمَا ءَاتَىٰكُمۗ وَٱللَّهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُختَال فَخُورٍ ٢٣
C. QS. Al-Hadid : 22
مَا أَصَابَ مِن مُّصِيبَة فِي ٱلأَرضِ وَلَا فِي أَنفُسِكُم إِلَّا فِي كِتَٰب مِّن قَبلِ أَن نَّبرَأَهَاۚ إِنَّ ذَٰلِكَ عَلَى ٱللَّهِ يَسِير ٢٢
D. QS. Al-hadid : 21
سَابِقُواْ إِلَىٰ مَغفِرَة مِّن رَّبِّكُم وَجَنَّةٍ عَرضُهَا كَعَرضِ ٱلسَّمَاءِ وَٱلأَرضِ أُعِدَّت لِلَّذِينَ ءَامَنُواْ بِٱللَّهِ وَرُسُلِهِۦۚ ذَٰلِكَ فَضلُ ٱللَّهِ يُؤتِيهِ مَن يَشَاءُۚ وَٱللَّهُ ذُو ٱلفَضلِ ٱلعَظِيمِ ٢١
E. QS. Al-Hadid : 20
ٱعلَمُواْ أَنَّمَا ٱلحَيَوٰةُ ٱلدُّنيَا لَعِب وَلَهو وَزِينَة وَتَفَاخُرُ بَينَكُم وَتَكَاثُر فِي ٱلأَموَٰلِ وَٱلأَولَٰدِۖ كَمَثَلِ غَيثٍ أَعجَبَ ٱلكُفَّارَ نَبَاتُهُۥ ثُمَّ يَهِيجُ فَتَرَىٰهُ مُصفَرّا ثُمَّ يَكُونُ حُطَٰماۖ وَفِي ٱلأخِرَةِ عَذَاب شَدِيد وَمَغفِرَة مِّنَ ٱللَّهِ وَرِضوَٰنۚ وَمَا ٱلحَيَوٰةُ ٱلدُّنيَا إِلَّا مَتَٰعُ ٱلغُرُورِ ٢٠
81. Dholim adalah perilaku tercela yang harus dihindari setiap mukmin, agar setiap mukmin tidak terjebak pada perbuatan tersebut, maka ia harus ….
A. Memahami segala bentuk perbuatan merugikan
B. Memahami segala bentuk perbuatan dholim yang biasa terjadi
C. Memahami sifat dholim kemudian konsisten menjaga diri agar tidak terjerumus
D. Memahami segala situasi dan keadaan yang memicu kedholiman
E. Berusaha memberikan bantuan orang lain agar tidak didholimi
82. Secara lughowi dholim berasal dari kata dlolama yadl-limu dlulman yang berarti aniaya, sedangkan secara istilah, dholim yaitu .....
A. Meletakan sesuatu tidak pada tempatnya
B. Menempatkan seseorang sesuai dengan keahliannya
C. Membagi sesuatu sesuai dengan porsinya
D. Menuntut sesuatu sesuai dengan apa yang menjadi haknya
E. Menyia-nyiakan suatu yang bermanfaat
83. Perbedaan perlakuan terhadap semua warga negara berdasarkan warna kulit, golongan , suku, ekonomi, agama dan sebagainya adalah pengertian dari ….
A. Sikap sombong
B. Sikap diskriminasi
C. Sikap syirik
D. Sikap riya’
E. Sikap aniaya
84. Di bawah ini adalah cara menghindari perilaku diskriminasi, kecuali …
A. Mengikuti berita terhangat dalam musyawaroh
B. Musyawaroh demokratis
C. Eqaliter (persamaan derajat)
D. Bersikap adil
E. Toleran
85. Al-Qur’an mengakui perbedaan warna kulit, kesukuan, kebangsaan, kekayaan dan sebagainya seperti pada firman Allah ..…
A. QS. Al-Maidah : 45
وَكَتَبنَا عَلَيهِم فِيهَا أَنَّ ٱلنَّفسَ بِٱلنَّفسِ وَٱلعَينَ بِٱلعَينِ وَٱلأَنفَ بِٱلأَنفِ وَٱلأُذُنَ بِٱلأُذُنِ وَٱلسِّنَّ بِٱلسِّنِّ وَٱلجُرُوحَ قِصَاص
B. QS. Al-Maidah : 46
وَقَفَّينَا عَلَىٰ ءَاثَٰرِهِم بِعِيسَى ٱبنِ مَريَمَ مُصَدِّقا لِّمَا بَينَ يَدَيهِ مِنَ ٱلتَّورَىٰةِۖ وَءَاتَينَٰهُ ٱلإِنجِيلَ فِيهِ هُدى وَنُور وَمُصَدِّقا لِّمَا بَينَ يَدَيهِ مِنَ ٱلتَّورَىٰةِ وَهُدى وَمَوعِظَة لِّلمُتَّقِينَ
C. QS. Al-Maidah : 47
وَليَحكُم أَهلُ ٱلإِنجِيلِ بِمَا أَنزَلَ ٱللَّهُ فِيهِۚ وَمَن لَّم يَحكُم بِمَا أَنزَلَ ٱللَّهُ فَأُوْلَٰئِكَ هُمُ ٱلفَٰسِقُونَ
D. QS. Al-Maidah : 48
وَأَنزَلنَا إِلَيكَ ٱلكِتَٰبَ بِٱلحَقِّ مُصَدِّقا لِّمَا بَينَ يَدَيهِ مِنَ ٱلكِتَٰبِ وَمُهَيمِنًا عَلَيهِۖ فَٱحكُم بَينَهُم بِمَا أَنزَلَ ٱللَّهُۖ وَلَا تَتَّبِع أَهوَاءَهُم عَمَّا جَاءَكَ مِنَ ٱلحَقِّۚ لِكُلّ جَعَلنَا مِنكُم شِرعَة وَمِنهَاجاۚ وَلَو شَاءَ ٱللَّهُ لَجَعَلَكُم أُمَّة وَٰحِدَة وَلَٰكِن لِّيَبلُوَكُم فِي مَا ءَاتَىٰكُمۖ فَٱستَبِقُواْ ٱلخَيرَٰتِۚ إِلَى ٱللَّهِ مَرجِعُكُم جَمِيعا فَيُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُم فِيهِ تَختَلِفُونَ
E. QS. Al-Maidah : 49
وَأَنِٱحكُم بَينَهُم بِمَا أَنزَلَ ٱللَّهُ وَلَا تَتَّبِع أَهوَاءَهُم وَٱحذَرهُم أَن يَفتِنُوكَ عَن بَعضِ مَا أَنزَلَ ٱللَّهُ إِلَيكَۖ فَإِن تَوَلَّواْ فَٱعلَم أَنَّمَا يُرِيدُ ٱللَّهُ أَن يُصِيبَهُم بِبَعضِ ذُنُوبِهِمۗ وَإِنَّ كَثِيرا مِّنَ ٱلنَّاسِ لَفَٰسِقُونَ
86. Hikmah dari sakit adalah sebagai berikut, kecuali …
A. Menumbuhkan jiwa sabar dan tawakkal
B. Menyadari bahwa kesehatan adalah anugerah yang besar
C. Membuat seseorang menjadi rendah hati
D. Mempertebal iman seseorang
E. Mendapatkan pahala yang berlipat ganda karena kesabaran dalam menghadapi masa sakit
87. Bimbingan spiritual yang dapat diberikan kepada orang sakit ketika kita menjenguk adalah sebagai berikut, kecuali …
A. Mengingatkan bahwa sakit adalah ujian dari Allah
B. Mengingatkan agar banyak beristighfar
C. Mengingatkan tidak lupa sholat 5 waktu
D. Mengingatkan senantiasa minum obat agar sembuh
E. Mengingatkan agar senantiasa ingat sama Allah
88. Pengertian Ulul Azmi secara istilah adalah …..
A. Gelar yang diberikan kepada semua nabi
B. Gelar yang diberikan kepada semua rosul
C. Gelar yang diberikan kepada Rosul yang mempunyai kedudukan tinggi karena mukjizatnya
D. Gelar yang diberikan kepada rosul yang mempunyai kedudukan tinggi karena kesabaran dan ketabahannya dalam berdakwah
E. Gelar yang diberikan kepada rosul yang mempunyai kedudukan tinggi karena kedudukannya dalam pemerintah
89. Berikut ini merupakan nabi yang termasuk Ulul Azmi adalah ….
A. Nabi Adam As.
B. Nabi Nuh As.
C. Nabi Hud As.
D. Nabi Sulaiman As.
E. Nabi idris As.
90. Akidah adalah pendapat dan fikiran atau anutan yang mempengaruhi jiwa manusia, lalu menjadi sebagai suatu suku dari manusia sendiri, dibela, dipertahankan pernyataan pengertian akidah tersebut dikemukakan oleh ….
A. Muhammad Husen Haikal
B. Muhammad Abdulloh
C. Ibnu Khaldun
D. TM hasbi Ash Shiddiqy
E. Hasan Al banna
91. Dilihat dari segi obyek pembahasanya akidah membahas masalah di bawah ini, kecuali ….
A. Membahas penciptaan Allah
B. Membahas tuhan dari segi perkataannya
C. Membahas tuhan dari segi perbuatannya
D. Membahas tuhan dari segi sifat
E. Membahas tuhan dari segi dzat
92. Berikut ini yang termasuk makna tauhid secara syar’i adalah ….
A. Allah sebagai pencipta
B. Allah sebagai penguasa
C. Allah yang menghidupkan
D. Allah yang mematikan
E. Allah sebagai pemimpin di langit dan bumi
A. Tauhid uluhiyah
B. Tauhid Rububiyah
C. Tauhid Asma’ wassifat
D. Tauhid Rahmaniah
E. Tauhid Mukiyah
94. Meletakkan sesuatu pada tempatnya, memberikan atau menerima sesuatu sesuai hakikatnya dan menghubungkan yang jahat sesuai dengan kesalahan dan pelanggarannya, pernyataan tersebut merupakan pengertian ....
A. Muru’ah
B. Iffah
C. Syaja’ah
D. Hikmah
E. Adalah
95. Suatu sikap yang tidak mau memberikan nilai materi dan jasa kepada orang lain, pernyataan tersebut merupakan pengertian .….
A. Ad Dzulm
B. Al Ghibah
C. Al Ash’ar
D. Al Bukhl
E. An Namimah
96. Salah satu yang bukan sikap Qona’ah adalah ….
A. Yakin bahwa apa yang didapatnya merupakan anugerah dari Allah SWT
B. Hidupnya Sederhana dan menyesuaikan dengan harga kebutuhan yang mahal
C. Giat bekerja dan berusaha untuk mencapai hasil yang terbaik
D. Memiliki kekuatan batin dan bergantung kepada karunia Allah SWT
E. Berlapang dada dan berhati tentram
97. Sabar yang terwujud dengan upaya meninggalkan larangan secara total, merupakan bentuk sebab pada Aspek .…
A. Sabar dalam mentaati Allah
B. Sabar dalam beribadah
C. Sabar dalam menghadapi musibah
D. Sabar dalam menghadapi takdir Allah
E. Sabar dalam menjauhi maksiat
98. Jika orang tua memaksa untuk mempersekutukan Allah, Cara yang tepat untuk dilakukan oleh seorang anak adalah dengan tidak mengikuti perintah tersebut dengan sikap baik dan santun, pernyataan tersebut merupakan kandungan pesan .…
A. QS. Lukman : 14
وَوَصَّينَا ٱلإِنسَٰنَ بِوَٰلِدَيهِ حَمَلَتهُ أُمُّهُۥ وَهنًا عَلَىٰ وَهن وَفِصَٰلُهُۥ فِي عَامَينِ أَنِ ٱشكُر لِي وَلِوَٰلِدَيكَ إِلَيَّ ٱلمَصِيرُ
B. QS. Lukman : 15
وَإِن جَٰهَدَاكَ عَلَىٰ أَن تُشرِكَ بِي مَا لَيسَ لَكَ بِهِۦ عِلم فَلَا تُطِعهُمَاۖ وَصَاحِبهُمَا فِي ٱلدُّنيَا مَعرُوفاۖ وَٱتَّبِع سَبِيلَ مَن أَنَابَ إِلَيَّۚ ثُمَّ إِلَيَّ مَرجِعُكُم فَأُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُم تَعمَلُونَ
C. QS. Lukman : 16
يَٰبُنَيَّ إِنَّهَا إِن تَكُ مِثقَالَ حَبَّة مِّن خَردَل فَتَكُن فِي صَخرَةٍ أَو فِي ٱلسَّمَٰوَٰتِ أَو فِي ٱلأَرضِ يَأتِ بِهَا ٱللَّهُۚ إِنَّ ٱللَّهَ لَطِيفٌ خَبِير ١٦
D. QS. Lukman : 17
يَٰبُنَيَّ أَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَ وَأمُر بِٱلمَعرُوفِ وَٱنهَ عَنِ ٱلمُنكَرِ وَٱصبِر عَلَىٰ مَا أَصَابَكَۖ إِنَّ ذَٰلِكَ مِن عَزمِ ٱلأُمُورِ
E. QS. Lukman : 18
وَلَا تُصَعِّر خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلَا تَمشِ فِي ٱلأَرضِ مَرَحًاۖ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُختَال فَخُور ١٨
99. Di antara prilaku yang dinilai sebagai tindakan durhaka kepada kedua orang tua yang telah wafat adalah ….
A. Memelihara bapak atau ibu orang lain
B. Memancing kemarahan bapak atau ibu orang lain
C. Mengundang bapak atau ibu orang lain
D. Mencela bapak atau ibu orang lain
E. Durhaka kepada bapak atau ibu orang lain
100. Al-Qur’an pada bagian akhir cerita Nabi Yusuf as menyatakan bahwa kisah tersebut bersifat ghaib yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW untuk diimani dan diteladani oleh setiap muslim, hal ini seperti firman Allah dalam .…
A. QS. Yusuf : 100
وَرَفَعَ أَبَوَيهِ عَلَى ٱلعَرشِ وَخَرُّواْ لَهُۥ سُجَّداۖ وَقَالَ يَٰأَبَتِ هَٰذَا تَأوِيلُ رُءيَٰيَ مِن قَبلُ قَد جَعَلَهَا رَبِّي حَقّاۖ
B. Q.S Yusuf 101
رَبِّ قَد ءَاتَيتَنِي مِنَ ٱلمُلكِ وَعَلَّمتَنِي مِن تَأوِيلِ ٱلأَحَادِيثِۚ فَاطِرَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلأَرضِ أَنتَ وَلِيِّۦ فِي ٱلدُّنيَا وَٱلأخِرَةِۖ تَوَفَّنِي مُسلِما وَأَلحِقنِي بِٱلصَّٰلِحِينَ ١٠١
C. QS. Yusuf : 102
ذَٰلِكَ مِن أَنبَاءِ ٱلغَيبِ نُوحِيهِ إِلَيكَۖ وَمَا كُنتَ لَدَيهِم إِذ أَجمَعُواْ أَمرَهُم وَهُم يَمكُرُونَ ١٠٢
D. QS. Yusuf : 103
وَمَا أَكثَرُ ٱلنَّاسِ وَلَو حَرَصتَ بِمُؤمِنِينَ ١٠٣
E. QS. Yusuf : 104
وَمَا تَسئلُهُم عَلَيهِ مِن أَجرٍۚ إِن هُوَ إِلَّا ذِكر لِّلعَٰلَمِينَ ١٠٤
Demikian sekilas info
tentang Latihan Soal Asesmen Sumatif
Akhir Tahun Akidah Akhlak Kelas 10 MA Tahun 2024. Sermoga ada manfaatnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar