Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir Tahun Fikih Kelas 10 MA Tahun 2024. Ditinjau dari sudut bahasa, asesmen/asesmen/penilaian diartikan sebagai proses menentukan nilai suatu objek. Untuk dapat menentukan suatu nilai atau harga suatu objek diperlukan adanya ukuran atau kriteria. Misalnya untuk dapat mengatakan baik, sedang, kurang, diperlukan adanya ukuran yang jelas bagaimana yang baik, yang sedang, dan yang kurang. Ukuran itulah yang dinamakan kriteria. Dari pengertian tersebut dapat dikatakan bahwa ciri asesmen/penilaian adalah adanya objek atau program yang dinilai dan adanya kriteria sebagai dasar untuk membandingkan antara apa yang dicapai dengan kriteria yang harus dicapai. Perbandingan bisa bersifat mutlak, bisa pula bersifat relatif.
Perbandingan bersifat mutlak
artinya hasil perbandingan tersebut menggambarkan posisi objek yang dinilai
ditinjau dari kriteria yang berlaku. Sedangkan perbandingan yang bersifat
relatif artinya hasil perbandingan lebih menggambarkan posisi suatu objek yang
dinilai terhadap objek lainnya dengan bersumber pada kriteria yang sama. Dengan
demikian, inti asesmen/penilaian adalah proses mementukan nilai suatu objek
tertentu berdasarkan kriteria tertentu. Proses pemberian nilai tersebut
berlangsung dalam bentuk interpretasi yang diakhiri dengan judgment.
Interpretasi dan judgment merupakan tema asesmen/penilaian yang
mengimplikasikan adanya suatu perbandingan antara kriteria dan kenyataan dalam
konteks situasi tertentu. Atas dasar itu maka dalam kegiatan asesmen/penilaian
selalu ada objek/program yang dinilai, ada kriteria, dan ada interpretasi/judgment.
Asesmen/penilaian hasil
belajar adalah proses pemberian nilai terhadap hasil-hasil belajar yang dicapai
siswa dengan kriteria tertentu. Hal ini mengisyaratkan bahwa objek yang
dinilainya adalah hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa ada hakikatnya
adalah perubahan tingkah laku. Tingkah laku sebagai hasil belajar dalam
pengertian yang luas mencakup bidang kognitif, afektif, dan psikomotoris. Oleh sebab
itu, dalam asesmen/penilaian hasil belajar rumusan kemampuan dan tingkah laku
yang diinginkan dikuasai siswa (kompetensi) menjadi unsur penting sebagai dasar
dan acuan asesmen/penilaian. Asesmen/penilaian proses pebelajaran adalah upaya
memberi nilai terhadap kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh siswa dan
guru dalam mencapai tujuan-tujuan pengajaran.
Tujuan pembelajaran pada
hakikatnya adalah perubahan tingkah laku pada diri siswa. Oleh sebab itu dalam asesmen/penilaian
hendaknya diperiksa sejauh mana perubahan tingkah laku siswa telah terjadi
melalui proses belajarnya.
Dengan mengetahui tercapai
tidaknya tujuan pembelajaran, dapat diambil tindakan perbaikan proses
pembelajaran dan perbaikan siswa yang bersangkutan. Misalnya dengan melakukan
perubahan dalam strategi mengajar, memberikan bimbingan dan bantuan belajar
kepada siswa. Dengan perkataan lain, hasil asesmen/penilaian tidak hanya
bermanfaat untuk mengetahui tercapai tidaknya perubahan tingkah laku siswa,
tetapi juga sebagai umpan balik bagi upaya memperbaiki proses pembelajaran.
Dalam asesmen/penilaian ini
dilihat sejauh mana keefektifan proses pebelajaran dalam mengupayakan perubahan
tingkah laku siswa. Oleh sebab itu, asesmen/penilaian hasil dan proses belajar
saling berkaitan satu sama lain sebab hasil belajar yang dicapai siswa
merupakan akibat dari proses pembelajaran yang ditempuhnya (pengalaman
belajarnya). Sejalan dengan pengertian diatas maka asesmen/penilaian berfungsi
sebagai berikut:
a.
Alat untuk mengetahui tercapai-tidaknya tujuan pembelajaran. Dengan fungsi ini
maka asesmen/penilaian harus mengacu pada rumusan-rumusan tujuan pembelajaran
sebagai penjabaran dari kompetensi mata pelajaran.
b.
Umpan balik bagi perbaikan proses belajar-mengajar. Perbaikan mungkin dilakukan
dalam hal tujuan pembelajaran, kegiatan atau pengalaman belajar siswa, strategi
pembelajaran yang digunakan guru, media pembelajaran, dll.
c.
Dasar dalam menyusun laporan kemajuan belajar siswa kepada para orang tuanya.
Dalam laporan tersebut dikemukakan kemampuan dan kecakapan belajar siswa dalam
berbagai bidang studi atau mata pelajaran dalam bentuk nilai-nilai prestasi
yang dicapainya.
Berikut ini adalah Contoh
atau Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir
Tahun Fikih Kelas 10 MA Tahun 2024
Potongan ayat tersebut di atas menjelaskan tentang ..
A. Milkiyah
B. Jual beli
C. Musaqah
D. Mukhabarah
E. Muzara’ah
2. Pak Rosyid seorang nelayan yang sering mencari ikan di laut untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Harta yang dimiliki secara bebas dan dibenarkan secara hukum disebut ....
A. Al-Uqud
B. Ihya al-Mawat
C. Al-Khalafiyah
D. Ihrajul Mubahat
E. Attawalladu minal mamluk
3. Perhatikan hal-hal berikut ini !
1. Khiyar
2. Musaqah
3. Ihya al-Mawat
4. Shadaqah
5. Ihrajul Mubahat
6. Attawalladu minal mamluk
Sebab-sebab kepemilikan suatu harta atau barang dalam Islam, ditunjukkan oleh nomor :
A. 1, 2, 3
B. 1, 3, 5
C. 2, 3, 4
D. 3, 5, 6
E. 3, 4, 5
4. Potongan sabda Rosulullah SAW riwayat Bukhori Muslim di bawah ini yang menjelaskan bahwa orang yang gugur dalam mempertahankan darahnya adalah seorang syuhada, yaitu ....
A. قتل دون دينه فهو شهيدمن
B. من قتل دون ماله فهو شهيد
C. من قتل دون دمه فهو شهيد
D. من قتل دون آهله فهو شهيد
E. من وجد عين ماله عند رجل فهو احق به
5. Pak Rohmad menyewakan harta yang berupa rumah kepada Pak Maulana untuk membuka warung makan, maka kepemilikan Pak Rohmad disebut ....
A. Kepemilikan Penuh
B. Kepemilikan Materi
C. Kepemilikan Manfaat
D. Kepemilikan Privasi
E. Kepemilikan Publik
6. Harta yang dimiliki oleh negara atau masyarakat dimana harta itu tidak ada seorangpun yang memiliki hak atau penguasaan harta itu, disebut ....
A. Kepemilikan Penuh
B. Kepemilikan Materi
C. Kepemilikan Manfaat
D. Kepemilikan Privasi
E. Kepemilikan Publik
7. Kepemilikan manfaat dapat berakhir apabila terjadi hal-hal berikut, pernyataan yang tidak tepat adalah ....
A. Habis masa sewa
B. Barang yang dimanfaatkan rusak
C. Habis masa pemanfaatannya
D. Salah satu pembuat aqad pergi jauh
E. Salah satu pembuat aqad meninggal dunia
8. Kewajiban seseorang untuk mengganti barang milik orang lain yang dipinjam karena rusak atau hilang disebut ....
A. Al-Uqud
B. Ihya al-Mawat
C. Attawalladu minal mamluk
D. Khalafiyah Syai’in an syai’in
E. Khlafiyah Syakhsy an Syakhsyi
9. Perhatikan Hadits Rosulullah SAW di bawah ini !
من احيا آرضا ميتة فهي له وليس لحرق ضا لم حق
Hadits tersebut di atas menjelaskan tentang hukum ....
A. Ihyaul Mawat
B. Ihrajul Mubahat
C. Musaqah
D. Muzaraah
E. Mukhabarah
10. Di bawah ini yang bukan termasuk hikmah kepemilikan adalah ....
A. Terlindungi hak-hak individu secara baik
B. Timbulnya rasa kepedulian sosial yang semakin tinggi
C. Membiasakan berperilaku jujur dan bersungguh-sungguh
D. Menumbuhkan sikap kepedulian terhadap fasilitas-fasilitas umum
E. Terciptanya rasa aman dan tenteram dalam kehidupan bermasyarakat
11. Salah satu yang bukan termasuk syarat-syarat syirkah ialah
A. Pokok atau modal harus jelas atau dapat di hitung
B. Keuntungan atau penghasilan menjadi milik bersama
C. Anggaran dasar dan anggaran rumah tangga harus jelas
D. Pembagian penghasilan boleh tidak sama, karena keahlian dan pendidikan berbeda
E. Yang disyarikatkan tidak bertentangan dengan prinsip Islam
A. Akad
B. Khiyar
C. Jula beli
D. Wakalah
E. Kepemilikan
13. Yang bukan termasuk rukun jual beli adalah ....
A. Ada penjual
B. Ada pembeli
C. Lafadz ijab qabul
D. Barang itu bermanfaat
E. Ada alat pembayaran
14. Jual beli ASI dilarang karena ASI merupakan bagian dari daging manusia, ini menurut pendapat dari ....
A. Imam Syafi’i
B. Imam Maliki
C. Imam Hambali
D. Imam Al-Ghozali
E. Imam Abu Hanifah
15. Pak Herman membeli rumah lengkap dengan sertifikat yang ditulis dengan perjanjian pada kertas yang bersegel atau akad yang melalui akta notaris, hal ini termasuk ....
A. Akad lisan
B. Akad tulisan
C. Akad Ta’ati
D. Akad Isyarat
E. Akad Perantara utusan(wakil)
16. Diantara bentuk jual beli yang dilarang dalam Islam adalah ....
A. Suka sama suka
B. Jual beli yang ada unsur riba
C. Membeli dengan harga murah
D. Membeli barang untuk kepentingan bersama
E. Membeli sesuatu barang dengan jalan baik
17. Yang tidak termasuk hikmah jual beli adalah....
A. Masing-masing pihak merasa puas
B. Untuk menambah nafkah keluarga
C. Jual beli semata-mata untuk memperkaya diri
D. Jual beli menjauhkan orang dari memakan harta yang bathil
E. Penjual dan pembeli yang berlapang dada mendapat Rahmat dari Allah SWT
18. Hak pilih yang melakukan transaksi jual beli antara meneruskan/mengurungkan jual beli selama masih dalam satu tempat transaksi adalah ....
A. Khiyar Aibi
B. Khiyar Syarat
C. Khiyar Majlis
D. Khiyar Mutlak
E. Khiyar Sementara
19. Kerja sama antara pemilik kebun dan penggarap untuk memelihara dan merawat dengan perjanjian bagi hasil yang jumlahnya menurut kesepakatan bersama dan perjanjian itu disebutkan dalam aqad disebut ....
A. Musaqah
B. Shadaqah
C. Muzaraah
D. Mukhabarah
E. Mudharabah
20. Batalnya aqad Musaqah terjadi karen dua hal, yaitu ....
A. Penggarap tidak mampu bekerja dan matinya salah seorang yang beraqad
B. Penggarap tidak mampu bekerja dan salah seorang yang beraqad sakit
C. Sakitnya penggarap dan matinya salah seorang yang beraqad
D. Penggarap tidak mampu bekerja dan perginya salah seorang yang beraqad
E. Penggarap malas bekerja dan perginya salah seorang yang beraqad
21. Menurut ulama’ Syafi’iyah, kerjasama antara pemilik sawah atau ladang dan penggarap dengan bagi hasil menurut perjanjian dengan benihnya dari pihak penggarap disebut ....
A. Hibah
B. Musaqah
C. Muzaraah
D. Mukhabarah
E. Mudharabah
22. Dalam sebuah hadits Qudsi Allah SWT berfirman bahwa Aku adalah pihak ketiga dari dua orang yang berserikat, selama salah seorang diantara keduanya ....
A. Tidak berbuat dosa
B. Saling berbagi keuntungan
C. Tidak menghianati yang lain
D. Saling menghianati yang lain
E. Saling kerjasama dengan baik
23. Bentuk kerjasama antara dua orang atau lebih dalam bidang modal atau jasa untuk mendapatkan keuntungan adalah ....
A. Khiyar
B. Syirkah
C. Musaqah
D. Muzaraah
E. Mukhabarah
24. Perjanjian antara dua orang atau lebih yang berhak dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat (bergerak dalam bidang jasa) adalah ....
A. Syirkah Harta
B. Syirkah Inan
C. Syirkah Abdan
D. Khiyar Majlis
E. Khiyar Syarat
25. Pak Andi ingin membeli sepeda motor, karena ia tidak mempunyai uang maka ia datang ke Bank Syari’ah dan memohon agar bank membelikannya. Kemudian Bank membeli sepeda motor seharga Rp. 15.000.000,- dan menjualnya pada nasabah seharga Rp.16,000.000,- dapat mencicil kepada bank dengan kesepakatan. Jual beli ini disebut ....
A. Murabahah
B. Mukhabarah
C. Muzaraah
D. Mudharabah
E. Musaqah
26. Yang bukan termasuk rukun Mudharabah adalah ....
A. Saksi
B. Mudharib
C. Shahibul maal
D. Ijab Qobul
E. Nisbat pembagian keuntungan
27. Praktik Mudharabah dimana pemilik dana membatasi dengan menentukan aturan-aturan dalam pengelolaan dananya, seperti jangka waktu, jenis usahanya, dan tempat, hal ini disebut ....
A. Mukhabarah
B. Murabahah
C. Mudharabah Musyarakah
D. Mudharabah Muqayyadah
E. Mudharabah Mutlaqah
28. Perhatikan QS. Al-Baqarah : 282 di bawah ini
Arti lafadz yang bergaris bawah pada potongan ayat tersebut di atas adalah ....
A. Apabila kamu berserikat
B. Apabila kamu bersyukur
C. Apabila kamu berjanji
D. Apabila kamu berjual beli
E. Apabila kamu bermu’amalah
29. Peristiwa Mudharabah pada zaman Rosulullah Saw yang menjadi hujjah diperbolehkaannya praktek Mudharabah yang dilakukan oleh sahabat ....
A. Anas bin Malik
B. Ustman bin Affan
C. Abu Bakar As-Shiddiq
D. Abdurrahman bin Auf
E. Abbas bin Abdul Muthalib
30. Dasar dari pelaksanan wakaf di Indonesia adalah…
A. PP No. 28 tahun 1977
B. PP No. 28 tahun 1978
C. PP No. 38 tahun 1977
D. PP No. 38 tahun 1978
E. PP No. 48 tahun 1978
31. Nadzir berhak menerima penghasilan dari hasil tanah wakaf yang ditentukan oleh kemenag dengan ketetapan tidak melebihi dari ….
A. 5 %
B. 10 %
C. 15 %
D. 20 %
E. 25 %
A. Petugas Pegawai Akta Ikrar Wakaf
B. Pegawai Pencatat Akta ikrar Wakaf
C. Pejabat Petugas Akta Ikrar Wakaf
D. Pejabat pembuat Akta Ikrar Wakaf
E. Petugas Pembuat Akta ikrar Wakaf
33. Salah satu Imam madzhab yang membolehkan mengganti benda yang diwakafkan dalam bentuk apapun, asalkan lebih bermanfaat dan berdaya guna adalah…
A. Imam Syafi’i
B. Imam Maliki
C. Imam Hambali
D. Imam Hanafi
E. Madzab Syiah
34. Perhatikan QS. Al-Baqarah : 177 !
Dalil Naqli di atas merupakan dasar hukum dari :
A. Wakaf
B. Hibah
C. Hadiah
D. Shadaqah
E. Melebihkan Hibah
35. Pembagian Hibah itu ada 2 macam yaitu...
A. Barang dan manfaat
B. Muajjalah dan an amri
C. Khoiri dan ahli
D. Ariyah dan pinjaman
E. Berwaktu dan seumur hidup
36. Mauhub merupakan salah satu rukun Hibah, maksud dari mauhub yaitu ….
A. Ijab qobul
B. Orang yang memberi hibah
C. Orang yang diberi hibah
D. Barang yang dihibahkan
E. Orang yang menyaksikan hibah
37. Penerima hibah hanya mendapat hak guna atau manfaat saja, apabila ia meninggal maka barang tersebut harus dikembalikan kepada pemberi atau ahli warisnya, hal ini menurut pendapat ....
A. Imam Maliki
B. Imam Syafi’i
C. Imam Abu Hanifah
D. Imam Ahmad bin Hambal
E. Imam Abu Daud dan Abu Tsauri
38. Yang bukan termasuk perbedaan antara shadaqah dan Hadiah adalah ....
A. Shadaqah hukumnya sunah, hadiah hukumnya jaiz
B. Shadaqah untuk orang yang membutuhkan, sedangkan hadiah untuk orang kaya
C. Shadaqah untuk membantu orang yang kekurangan, hadiah sebagai kenang-kenangan
D. Shadaqah untuk orang yang membutuhkan, hadiah sebagai penghargaan orang berprestasi
E. Shadaqah sangat dianjurkan dikeluarkan jika keadaan menghendaki, sedangkan hadiah hukumnya boleh
39. Shadaqah diberikan kepada sesorang yang tidak ada atau tidak jelas, seperti memberi shadaqah atau hadiah kepada anak yang masih dalam kandungan hukumya…
A. Wajib
B. Jaiz
C. Sunnah
D. Mubah
E. Tidak sah
40. Wakalah wajib dikerjakan apabila…
A. Terpaksa karena tuntunan untuk mewakilkan dalam pekerjaan yang dibolehkan oleh agama
B. Pekerjaan yang dikerjakan adalah pekerjaan makruh
C. Pekerjaan yang diwakilkan adalah pekerjaan yang haram
D. Salah seorang yang berakad meninggal dunia
E. Salah seorang yang berakad gila
41. Yang bukan termasuk wewenang atau tugas wakalah, yaitu…
A. Sebagai tugas pelaksana
B. Sebagai penanggungjawab
C. Sebagai pengganti untuk menyelesaikan pekerjaan pimpinan
D. Sebagai yang di beri wewenang untuk melaksanakan hukum pidana
E. Sebagai yang memberi wewenang untuk melaksanakan hukuman
42. Berkut ini merupakan bentuk perdamaian yang dibenarkan dalam Islam…
A. Meminta damai agar kasus perjudian tidak dibawa ke pengadilan
B. Meminta damai agar kasus karupsi tidak dipublikasikan
C. Meminta damai ketika melanggar hukum
D. Meminta damai agar anaknya tidak dihukum ketika membunuh
E. Meminta damai agar seorang istri memaafkan suami yang bersikap kurang sopan terhadapnya
43. Menanggung hutang seseorang atau mengembalikan barang atau menghadirkan seseorang ke tempat yang ditentukan, disebut ....
A. Sulhu
B. Wakalah
C. Dhaman
D. Hibah
E. Shadaqah
44. Perhatikan ayat di bawah ini !
QS. Yusuf : 66 tersebut di atas merupakan dasar hukum ....
A. Hibah
B. Sulhu
C. Kafalah
D. Dhaman
E. Wakalah
45. Kewajiban membayar hutang yang menjadi tanggungan orang lain dengan syarat nilai barang atau harta sama, disebut ....
A. Kafalah Jiwa
B. Kafalah Biddain
C. Kafalah Materi
D. Kafalah Harta
E. Kafalah Biddarki
46. Pak Amir membawa kurma dua keranjang berkualitas buruk dan menukarkan ke pasar dengan satu keranjang kurma berkualitas bagus. Peristiwa ini termasuk ....
A. Riba Yad
B. Riba Fadli
C. Riba Qord
D. Riba Nasi’ah
E. Riba Nafsiah
47. Perhatikan Firman Allah SWT dalam QS. Ali Imran : 130 !
Ayat yang bergaris bawah tersebut diatas menjelaskan tentang larangan memakan riba karena....
A. Jenis uangnya
B. Jenis barang
C. Cara berhutang
D. Berlipat ganda
E. Cara mengembalikan uang
48. Perbedaan antara bank konvensional dengan bank Islam adalah kalau bank konvensional profit oriented sedangkan bank Islam adalah ....
A. Melakukan investasi yang halal dan haram
B. Hubungan dengan nasabah dalam bentuk debitur dan kreditur
C. Creatur of money supply
D. Memakai perangkat bunga
E. Profit dan falah oriented
49. Riba yang dikenakan terhadap orang yang berhutang disebabkan memperhitungkan waktu yang ditangguhkan disebut ....
A. Riba Yad
B. Riba Fadli
C. Riba Qord
D. Riba Nafsiah
E. Riba Nasi’ah
50. Para ulama berbeda pendapat mengenai hukum bank, hal ini dikarenakan perbedaan tingkat pemikiran diantara mereka. Diantara ulama yang berpendapat bahwa hukum bank adalah haram karena ....
A. Bunga yang diberikan bank selalu di bawah inflasi
B. Bunga yang diberikan bank kepada kreditur berprinsip saling menguntungkan
C. Adanya bank di suatu negara merupakan kebutuhan yang mendesak dalam kehidupan masyarakat
D. Bunga bank dalam menentukan kepada kreditur selalu disesuaikan dengan situasi dan kondisi keuangan suatu bangsa atau negara
E. Bunga bank adalah haram, dan setiap bank konvensional pasti menggunakan sistem bunga
51. Di sajikan beberapa nama lain syari’at. Dibawah ini yang bukan pengertian syariat menurut bahasa adalah...
A. Sumber air yang digunakan untuk minum
B. Air yang tidak mengalir
C. Air yang mengalir
D. Aliran air
E. Mata air
52. لا يكلف الله نفسا الا وسعها
Potongan redaksi ayat diatas merupakan dasar dari prinsip fikih ibadah pada aspek...
A. Hanya Allah yang berhak disembah
B. Ihlas
C. Ibadah sesuai dengan tuntunan Allah dan Rosul-Nya
D. Memelihara keseimbangan dalam beribadah
E. Meringankan bukan mempersulit
53. Berikut ini yang bukan termasuk tanda tanda kematian, yaitu……
A. Mentalkin
B. Dihadapkan ke kiblat
C. Membacakan istighfar
D. Membacakan surat yasin
E. Memintanya berwasiat
54. Pak Amir hendak sholat jenazah, setelah melaksanakan takbir kedua pak amir harus membaca …
A. Al Fatihah
B. Sholawat Nabi
C. Do'a untuk yang meninggal
D. Membaca do'a dan salam
E. Membaca Al Fatihan dan surat-surat pendek
55. Urutan pelaksanaan sholat jenazah yang benar dibawah ini...
A. Niat, takbirotul ihrom, membaca Al Fatihah, membaca sholawat, do'a dan salam
B. Takbirotul ihrom disertai niat, membaca Al Fatihah, takbir kedua membaca sholawat Nabi, takbir ketiga membaca do'a untuk si mayat, takbir keempat membaca do'a dan salam
C. Niat, takbirotul ihrom, sholawat,doa untuk mayat, do'a dan salam
D. Takbirotul ihrom,niat, shulawat,do'a untuk mayat dan salam
E. Takbirotul ihrom, membaca sholawat dan salam
A. Sejumlah harta tertentu yang tidak diwajibkan oleh Allah, untuk diberikan kepada mustahik
B. Semua harta yang diwajibkan oleh Allah, untuk diberikan kepada muzakki
C. Harta yang harus diberikan pada mustahiq
D. Sejumlah harta tertentu yang diwajibkan oleh Allah, untuk diberikan kepada mustahik
E. Harta yang harus dikeluarkan untuk mensucikan harta muzakki
57. Orang yang berhak menerima zakat ada delapan golongan, seperti tercantum dalam Al Qur-an surah...
A. Al 'Alaq: 1-5
B. Al Maidah: 3
C. At Taubah: 60
D. At Taubah : 103
E. Al Baqarah: 183
58. Pak Sulaiman memiliki simpanan emas batangan seberat 3 ons dan sudah mencapai haul,berapa zakat yang harus dikeluarkan apabila harga emas Rp 100.000,00 pergramnya ?
A. Rp 4.500.000
B. Rp 5.500.000
C. Rp 6.500.000
D. Rp 7.500.000
E. Rp 8.500.000
59. Haji dilaksanakan pada tanggal…..
A. 8 Dzulhijjah hingga 20 dzulhijjah
B. 8 Dzulhijjah hingga 12 dzulhijjah
C. 8 Dzulhijjah hingga 13 dzulhijjah
D. 8 Dzulhijjah hingga 12 dzulqo’dah
E. 8 Dzulhijjah hingga 13 dzulqo’dah
60. Pak Umar telah menyelesaikan rangkaian ibadah haji, yang termasuk thowaf sebagai rukun haji yaitu ....
A. Thowaf qudum
B. Thowaf wada'
C. Thowaf sunnah
D. Thowaf ifadhoh
E. Thowaf nazdar
61. Bermalam di Muzdalifah sesudah wukuf, pada malam tanggal 10 Dzulhijjah. Hal ini termasuk...
A. Rukun haji
B. Sunnah haji
C. Wajib haji
D. Syarat haji
E. Larangan haji
62. Sebagian ulama berpendapat bahwa qurban itu hukumnya wajib, hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Al Qur-an surah...
A. Al Ikhlas : 2
B. Al Hajj: 2
C. An Naba':2
D. Al Ahzab: 2
E. Al Kausar: 2
63. Ketentuan menyembelih kambing untuk aqiqah adalah...
A. 1 ekor kambing untuk bayi laki-laki dan perempuan
B. 2 ekor kambing untuk bayi laki-laki dan 2 ekor kambing untuk bayi perempuan
C. 1 ekor kambing untuk bayi laki-laki dan 2 ekor kambing untuk bayi perempuan
D. 2 ekor kambing untuk bayi laki-laki dan 1 ekor kambing untuk bayi perempuaan
E. 7 ekor kambing untuk bayi laki-laki dan 2 ekor kambing untuk bayi perempuan
64. Lafadz ملكت sebagaimana termaktub didalam firman Allah SWT. QS.Al-Mu’minun memiliki arti……
A. Memiliki
B. Menjaga
C. Melakukan
D. Memikirkan
E. Merawat
A. Ihrazul mubahat
B. Al-khalafiyyah
C. Al-‘uqud
D. Ar-riba
E. At-tawalladu minal mamluk
A. Khalifah
B. Wadi’ah
C. Khalafiyah
D. Isyarah
E. Kafalah
67. Kekuasaan seseorang secara penuh terhadap materi dan manfaat harta, sehingga seluruh hak yang terkait dengan harta itu di bawah kekuasaannya disebut …
A. Milkultam
B. Milkunnaqis
C. Milkul ‘ain
D. Milkud dain
E. Ihrazul mubahat
68. Kepemilikan manfaat dapat berakhir apabila terjadi hal-hal berikut kecuali …
A. Habis masa sewa
B. Habis masa pemanfaatannya
C. Barang yang dimanfaatkan rusak
D. Salah satu pembuat aqad meninggal dunia
E. Salah satu pembuat aqad sakit
69. يا ا يها الذ ين ا منوا أو فوا با لعقو د
Petikan firman Allah SWT. QS. Al-Maidah; 1 di atas adalah perintah untuk …
A. Menepati Aqad
B. Mematuhi perintah
C. Melaksanakan kewajiban
D. Menuntut hak
E. Membayar kafarah
70. Perhatikan pernyataan berikut ini !
1. Anak binatang yang masih berada dalam kandungan
2. Barang yang tidak dalam penawaran orang lain
3. Buah-buahan yang masih berbungan
4. Air susu hewan yang masih dalam teteknya
5. Barang yang sudah sampai di pasar
Dari kelima pernyataan di atas, yang termasuk jual beli terlarang antara lain …
A. 1,2 dan 3
B. 1,3 dan 4
C. 2,3, dan 4
D. 1,4 dan 5
E. 2 dan 4
71. Dibawah ini yang termasuk contoh khiyar ‘aibi adalah …
A. Membatalkan transaksi karena harga sangat mahal
B. Membatalkan transaksi karena tidak ada saksi
C. Membatalkan transaksi karena ada cacat pada barang
D. Membatalkan transaksi karena sudah ditawar orang lain
E. Melanjutkan transaksi karena barang tidak punya cacat
72. Pak Dahlan memiliki kebun yang dirawat oleh Pak Hadi. Setelah panen pak Hadi membagi hasil panennya. Pak Dahlan mendapat sesuai dengan kesepakatan mereka berdua. Kegiatan diatas merupakan contoh…
A. Musaqoh
B. Mukhabarah
C. Salam
D. Muzaraah
E. Syirkah
73. Pihak yang wajib menanggung zakat dalam muzara’ah adalah …
A. Penggarap
B. Pemilik tanah
C. Petani
D. Kepala desa
E. Masyarakat
74. Ada dua orang membeli satu barang, secara otomatis barang itu menjadi milik berdua. Ketika barang itu diberikan lagi pada orang ketiga, maka secara otomatis menjadi milik bersama (perserikatan) tiga orang tersebut. Kegiatan ini disebut …
A. Syirkah amlak
B. Syirkah ‘uqud
C. Syirkah ‘inan
D. Syirkah ‘amal
E. Syirkah m
75. Pak Ali akan membeli motor, karena uangnya tidak cukup, maka ia pergi ke bank syariah. Pihak bank syariah lalu membeli motor tersebut, menaikkan harga beberapa persen, lalu menjual kembali kepada Pak Ali. Kegiatan diatas adalah contoh transaksi …
A. Salam
B. Mudharabah
C. Mukhabarah
D. Murabahah
E. Muzaraah
76.يا ا يها الذ ين أ منوا ادا تد ا ينتم بد ين الى أجل مسمى
Kandungan QS.Al-Baqarah;282 diatas tentang ….
A. Melakukan ijab qabul
B. Menghadirkan saksi ketika hutang
C. Anjuran menulis ketika hutang
D. Berbuat jujur dalam jual beli
E. Tidak menyembunyikan aib
77. Di bawah ini adalah hibah yang diperbolehkan untuk ditarik kembali adalah …
A. Pemberian tuan kepada pembantu
B. Pemberian anak kepada orang tua
C. Pemberian guru kepada murid
D. Pemberian orang tua kepada anak
E. Pemberian atasan kepada bawahan
78. Berikut tidak termasuk rukun sedekah adalah …
A. Lafazh sedekah
B. Benda
C. Ijab dan Kabul
D. Penerima
E. Pemberi
79. Pemberian suatu barang oleh seseorang kepada orang lain sebagai penghargaan bagi orang yang diberinya disebut …
A. Wakaf
B. Hibah
C. Hadiah
D. Nadir
E. Sedekah
70. Memindahkan hak milik pribadi menjadi hak milik suatu badan usaha yang memberikan manfaat bagi masyarakat dengan tujuan untuk mendapatkan kebaikan dan rida Allah Swt disebut …
A. Wakaf
B. Hibah
C. Hadiah
D. Zakat
E. Infaq
81. Ditinjau dari mauquf lahu, wakaf dibagi menjadi …
A. Ammah dan khassah
B. Organisasi dan perorangan
C. Perorangan dan keluarga
D. Tanah dan non tanah
E. Langsung dan tidak langsung
82. Nadir berhak menerima penghasilan dari hasil tanah wakaf yang biasanya ditentukan oleh kakandepag dengan ketetapan tidak melebihi …
A. 5 %
B. 10 %
C. 15 %
D. 20 %
E. 25 %
83. Pemberi kuasa dalam istilah fikih disebut …
A. Shulhu
B. Wakalah
C. Al bai’
D. Dhaman
E. Ji’alah
84. Salah satu bentuk ibadah makhdah yang tidak dapat dilaksanakan dalam bentuk wakalah yaitu …
A. Shalat
B. Memungut zakat
C. Menyembelih kurban
D. Haji
E. Membayar zakat
85. Contoh wakalah dalam Al-Qur’an terdapat dalam kisah …
A. Luqman Al Hakim
B. Iskandar Zulkarnain
C. Ashabul Kahfi
D. Fir’aun
E. Ashabul Ukhdud
A. Damai
B. Sesuai
C. Cocok
D. Baik
E. Bersatu
87. Allah Swt memerintahkan kepada manusia untuk mengadakan perdamaian termaktub dalam …
A. Surat Al Baqarah : 102
B. Surat Al Hujurat : 13
C. Surat Al Hujurat : 9
D. Surat Al Hujurat : 11
E. Surat Al Baqarah : 89
88. Salah satu yang bukan temasuk hikmah sulhu, yaitu …
A. Dapat menyelesaikan perselisihan dengan sebaik-baiknya
B. Munculnya kepuasan
C. Dapat menghilangkan rasa dendam
D. Terbina hidup rukun
E. Saling tolong menolong
89. Yang dimaksud Madman ‘alaihi adalah …
A. Penagih
B. Sesuatu yang dijamin
C. Orang yang dijamin
D. Pernyataannya
E. Penjamin
A. Orang yang meminjami
B. Orang yang dipinjami
C. Orang yang menjadi saksi
D. Orang yang menulis
E. Ahli waris pinjaman
91. Diantara rukun kafalah adalah orang yang melakukan hutang atau orang yang ditanggung akan kewajibannya atau sering disebut …
A. Makful lahu
B. Makful bihi
C. Kafiil
D. Ashiil
E. Makful alaihi
92. Hasan dengan mudah mendapatkan pinjaman bank, karena ayahnya seorang camat. Ini contoh dari …
A. Dhamman
B. Sulhu
C. Wakalah
D. Kafalah bil mal
E. Kafalah bin nafs
93. Dhamman dan kafalah memilik arti yang sama yakni menanggung atau menjamin. Dhamman menanggung pembayaran hutang sedangkan kafalah lebih cenderung menanggung dalam hal yang berkaitan dengan …
A. Barang
B. Jiwa
C. Harta
D. Pendidikan
E. Badan
94. Orang yang menganggap jual beli adalah sama dengan riba di ibaratkan oleh Allah Swt bagaikan … tidak dapat membedakan antara jual beli dan riba oleh Allah ditamsilkan seperti …
A. Orang yang tuli
B. Orang yang kemasukan syetan
C. Orang yang bisu
D. Orang yang dholim
E. Orang yang buta
95. Riba yang dikenakan kepada orang yang akan berutang disebabkan memperhitungkan waktu yang ditangguhkan disebut …
A. Riba yad
B. Riba qardi
C. Riba nasi’ah
D. Az-ziyadah
E. Riba fadli
96. Di bawah ini yang tidak termasuk bank-bank milik Negara, yaitu…
A. Bank Indonesia
B. Bank Rakyat Indonesia
C. Bank Nasional Indonesia
D. Bank Tabungan Negara
E. Bank Muamalat
97. Penyaluran dana bank syariah kepada masyarakat untuk usaha tertentu disebut …
A. Prinsip wadiah
B. Prinsip mudarabah
C. Prinsip murabahah
D. Prinsip qardhul hasan
E. Istisna’
98. Dibawah ini yang merupakan dalil diperbolehkannya asuransi syariah adalah …
A. QS. Al-Maidah ayat 2
B. QS. Al-Isra ayat 29
C. QS. Al-Baqarah ayat 275
D. QS. Yunus ayat 72
E. QS. Yumus ayat 27
99. Hukum asuransi menurut Muhammad Abu Zahrah adalah …
A. Mubah
B. Sunah
C. Makruh
D. Haram
E. Halal
100. ولا تبسطها كل البسط فتقعد ملوما محسورا
QS. Al-Isra’ ayat 29 diatas berisi tentang …
A. Anjuran untuk menjalin silaturahmi dengan karib kerabat
B. Larangan menzalimi orang lain
C. Larangan memakan makanan yang haram
D. Perintah mencari rezeki yang halal
E. Larangan bersikap boros
Demikian sekilas info
tentang Latihan Soal Asesmen Sumatif
Akhir Tahun Fikih Kelas 10 MA Tahun 2024. Sermoga ada manfaatnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar